Ricuh Dugaan Pemotongan THR oleh PT SSH, Buruh Blokade Akses Jalan Nasional

Lampung Selatan, RuangNews.id – Buruh PT Segar Sari Husada (SSH) yang terletak di Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan ricuh, hal ini diduga dipicu akibat adanya dugaan pemotongan Tunjangan Hari Raya (THR) secara pihak oleh manajemen perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan buah kelapa tersebut, Jumat 05 April 2024.

Berdasarkan pantauan awak media, buruh PT SSH sempat memblokade akses jalan nasional sehingga menimbulkan kemacetan, hal ini akibat kekesalan buruh terhadap manajemen PT SSH yang tak kunjung memberikan penjelasan terkait dugaan pemotongan Tunjangan Hari Raya (THR).

Menurut Pardi, salah seorang buruh aksi ini merupakan buntut dari pemotongan Tunjangan Hari Raya (THR) yang dilakukan pihak perusahaan, sehingga buruh yang merasa dirugikan dengan kebijakan perusahaan tersebut, meminta manajemen PT SSH memberikan penjelasan terkait pemotongan sepihak tersebut.

” Kami hanya meminta hak kami diberikan penuh tanpa adanya pemotongan tapi pihak manajemen PT SSH tidak bisa memutuskan sehingga terjadi aksi,”ujarnya

Selanjutnya, Pardi juga menjelaskan, bahwa THR untuk buruh harian sudah dibayarkan langsung via ATM, namun hanya dibayar separuhnya, sedangkan untuk buruh borongan belum dibayar sama sekali.

Sementara itu serikat buruh mendesak agar pihak perusahaan memberikan hak buruh secara utuh tanpa adanya pemotongan.

“Saya minta pihak perusahaan tidak memotong THR para buruh, apalagi dilakukan secara sepihak, saya juga berharap pihak terkait segera turun” tegas Yadi.

Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari manajemen PT Sari Segar Husada terkait dugaan pemotongan THR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.