Unand Luncurkan Kamus Bahasa Isyarat Digital Berbasis Bisindo

Padang, RuangNews.id – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) meluncurkan Kamus Bahasa Isyarat Digital dalam wujud laman atau website yang dinamai dengan Intelektuli. 

Ketua Forum Ilmiah IntelekTuli Rona Almos mengatakan kamus digital bahasa isyarat ini merupakan hasil penelitian tahun pertama dari tiga tahun yang direncanakan. Bahasa isyarat yang dihimpun pada kamus digital ini berbasis standar Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Di samping itu, kamus bahasa isyarat ini bersifat tematik, bukan alfabetik.

“Tahun pertama, yang siap diluncurkan ini, adalah tema pengajaran dan pembelajaran. Tahun kedua, direncanakan tema pelayanan publik,” ujar Rona, Kamis (7/12/2024)

Rona Almos menjelaskan bahwa penelitian ini muncul dari kesadaran akan kebutuhan mendesak perangkat yang memadai bagi komunitas penyandang tuli di wilayah Sumatera Barat. 

“Motivasi kami juga didorong oleh keterbatasan juru bahasa isyarat di wilayah ini. Dengan hanya delapan juru bahasa isyarat untuk lebih dari seribu penyandang tuli, kami menyadari urgensi untuk menciptakan alat komunikasi yang dapat diakses secara luas dan mandiri,” ujarnya.

Selain itu, penelitian ini tidak hanya mengejar peningkatan aksesibilitas, tetapi juga wujud usaha memahami kebutuhan unik komunitas Teman Tuli dalam konteks pelayanan publik, kesehatan, transportasi, dan kehidupan sehari-hari mereka. 

Rona memandang bahwa penelitian ini adalah langkah konkret dalam mendukung hak-hak penyandang tuli, mempromosikan inklusivitas, dan membangun jembatan komunikasi yang lebih baik di antara kita semua. (MC Padang/ April)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.