Bersama LPPKP, Pemkab Bengkalis Gelar Bimtek Pemanfaatan Sertifikat Digital

Batam, RuangNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Pemerintah (LPPKP) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Sertifikat Digital dalam Mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Lingkungan Pemkab Bengkalis.

Bimtek digelar di Ballroom Harmoni Suites, Batam, Selasa (28/11/2023). Menghadirkan dua narasumber, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam Rudi Panjaitan dan Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfotik Bengkalis Azmar. Bimtek diikuti perwakilan perangkat daerah se-Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan cara pandang, pemahaman dan teknis penggunaan tanda tangan elektronik bagi seluruh perangkat daerah camat dan pejabat struktural yang telah diterbitkan sertifikat elektroniknya, yang nantinya akan digunakan untuk menandatangani dokumen kedinasan.

Kadiskominfo Kota Batam Rudi Panjaitan berharap, para peserta dapat memahami dan mengaplikasikan pemanfaatan sertifikat elektronik dan para peserta dapat menjadi agen informasi kepada perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bengkalis mengenai pentingnya sertifikat elektronik sebagai salah satu upaya penjaminan keamanan informasi.

Sedangkan Kabid Statistik dan Persandian Diskominfotik Azmar menjelaskan, penerapan tanda tangan elektronik dalam pemerintahan sebagai upaya meningkatkan efisiensi kerja dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat.  

“Dengan adanya tanda tangan elektronik dapat mengatasi hambatan ketika pejabat yang bersangkutan diperlukan tanda tangannya, ternyata sedang ke luar kota. Sehingga dengan adanya tanda tangan elektronik akan mempermudah pelaksanaan tanda tangan dari pejabat yang bersangkutan,” terang Azmar.

Tak hanya itu, Azmar menambahkan, sertifikat digital yang dibubuhkan tanda tangan elektronik juga dapat mengurangi jumlah dokumen di gudang arsip karena banyaknya sampah kertas, dan memudahkan penyebaran surat keputusan yang dibutuhkan oleh banyak pegawai pemerintahan. #DISKOMINFOTIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.