Dugaan Pungli: Disdik Lamsel Panggil Kepsek SDN 2 Rangai Tritunggal

Liputan Khusus

Lampung Selatan Sabtu 09 September 2023, (RuangNews) – Dinas pendidikan kabupaten Lampung Selatan melakukan pemanggilan terhadap kepsek SDN 2 Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh wartawan RuangNews, kepsek SDN 2 Rangai Tritunggal mendatangi dinas pendidikan Lampung Selatan untuk melakukan klarifikasi terhadap pemberitaan media terkait adanya dugaan pungli.

Kepala bidang pendidikan dasar (Dikdas) kabupaten Lampung Selatan membenarkan adanya pemanggilan terhadap kepsek SDN 2 Rangai Tritunggal.

“Benar ada pemanggilan, Ya beliau menceritakan besarnya sumbangan itu hasil dr kesepakatan komite
Beliau juga menunjukan berita acara hasil rapat komitenya,” terang Cahyadi SE.MH.

Sementara itu menanggapi pemanggilan terhadap kepsek SDN 2 Rangai Tritunggal terkait adanya dugaan pungli yang juga melibatkan komite sekolah, Husni Piliang ketua DPD LPKSM-GML Kabupaten Lampung Selatan meminta dinas pendidikan untuk bekerja secara profesional.

“Sebaiknya Disdik lebih obyektif dan bekerja secara profesional, kalau terbukti ya, wajib diberi sanksi,” ujarnya.

Masih menurut Husni , perbedaan antara pungutan dan sumbangan itu sangat tipis, sehingga bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan pribadi sehingga bisa mencoreng dunia pendidikan.

“Sumbangan dan pungutan itu beda tipis, dan sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum,” katanya.

Husni juga mengingatkan bahwa sekolah penerima bantuan dana operasional sekolah (BOS) dilarang melakukan pungutan dengan dalih apapun.

Tambah Husni, Ia juga meminta inspektorat segera turun untuk melakukan kroscek terhadap adanya dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum kepsek SDN 2 Rangai Tritunggal, agar sekolah sebagai sarana pendidikan bersih dari oknum-oknum yang hanya mencari keuntungan pribadi.

“Sebaik inspektorat segera turun, kroscek kebenarannya, kalau terbukti segera tindak sesuai hukum yang berlaku, sebab pungli merupakan kejahatan luar biasa yang harus diberantas, Pungli adalah salah satu tindakan melawan hukum yang diatur dalam undang-undang nomor 31 tahun 1999 junto. Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,”tutup Husni.

Terpisah K3S kecamatan Katibung Imam Nurfajeri belum mau berkomentar terkait adanya dugaan pungli di SDN 2 Rangai Tritunggal.(Budi/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.