Lestarikan Budaya dan Adat Minangkabau dengan Festival Bajamba

Padang, RuangNews.id – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-354 Kota Padang dan juga bagian dari rangkaian event Festival Siti Nurbaya 2023, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Bajamba, Sabtu (5/8/2023).

Tradisi makan bersama khas Minangkabau ini diselenggarakan pukul 09.00 WIB sd selesai di pelataran Tugu APEKSI, Balaikota Padang, Aie Pacah.

Tampak 11 kecamatan yang menjadi peserta Festival Bajamba antusias mengikuti event tahunan tersebut. Hingga panas terik dari pagi hingga siang itu tidak terasa, karena masing-masing peserta sibuk menyiapkan diri untuk tampil sebaik mungkin.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani menjelaskan, nantinya peserta yang berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Padang akan menyediakan 5 buah Jamba.

“Masing-masing kecamatan menyediakan 5 Jamba yang terdiri dari, Jamba Rang Mudo, Jamba Puti Bungsu, Jamba Bundo Kanduang, Jamba Kecamatan, dan Jamba Organisasi Wanita,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Padang Hendri Septa tak kalah antusiasnya. Mengendarai “odong-odong” yang akan di-launching sebagai kendaraan wisata di sekitaran Tugu Apeksi yang akan menjadi galanggang atau alun-alun kota, Ia bersama undangan VIP lainnya menuju venue makan bajamba.

Wako hendri mengatakan, Festival Bajamba digelar selain untuk memeriahkan HUT Kota Padang ke-354, juga untuk mengembalikan adat dan nilai budaya Minangkabau, dimana sebelum makan bajamba juga ada petatah-petitih yang menyertainya.

“Saya mengapresiasi anak muda yang memiliki keinginan untuk mempelajari budaya dan adat Minangkabau, seperti petatah-petitih makan bajamba ini. Semoga nilai-nilai budaya ini bisa terus kita pelihara,” harapnya. (MC Padang/April)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.