Puncak Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2023, Dimulai dengan Tabuik Naik Pangkek

Pariaman, RuangNews.id – Rangkaian prosesi pesona budaya Hoyak Tabuik Piaman 2023, memasuki hari terakhir, nampak ribuan masyarakat yang datang dari berbagai daerah, pada Minggu pagi (30/7/2023) untuk menyaksikan prosesi “Tabuik Naik Pangkek”, sebelum dihoyak dan dibuang ke laut.

Prosesi “Tabuik Naik Pengkek” dimulai sejak pukul 05.30 WIB, dimana masing-masing tabuik baik pasa dan subarang, diarak untuk menuju dua tempat yang telah ditentukan. Tabuik Pasa “naik pangkek” di depan Pasar Pariaman, sementara Tabuik Subarang “naik pangkek” di Simpang Tugu Tabuik, yang berada di Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang turut hadir dalam prosesi mengatakan, bahwa “Tabuik Naik Pangek” merupakan prosesi mengabungkan antara bagian atas dan bagian bawah tabuik.

“Hari ini adalah hari puncak pesona budaya Hoyak Tabuik Piaman 2023, diawali dengan Tabuik Naik Pangkek, karena Tabuik ini berat dan tingginya lebih dari 12 meter, dibutuhkan gotong royong dari anak tabuik untuk menyatukanya, sehingga bagian atas dan bawah di prosesi Tabuik naik pangkek inilah, baru dua bagian tabuik tersebut disatukan,” ujarnya.

Selesai tabuik naik pangek, nantinya akan diarak menuju pantai gandoriah untuk disandingkan terlebih dahulu antara tabuik pasa dan tabuik subarang, dan nantinya akan digelar berbagai kesenian dan seremoni acara dan sebelum menjelang magrib nanti baru dibuang ke laut.

Meski baru dimulai sejak pagi hari, lebih lanjut Genius menyebutkan telah ada ribuan wisatawan ikut menyaksikan langsung prosesi Tabuik Naik Pangkek. Pantauan dikedua lokasi, yang berdekatan nampak ribuan pengunjung menyaksikan dan ingin melihat langsung prosesi tabuik naik pangkek ini.

“Pengunjung tidak hanya berasal dari warga sekitar Pariaman dan Padang Pariaman saja, banyak juga pengunjung yang berasal dari luar daerah dan provinsi tetangga, mulai dari Riau, Jambi, Palembang, Kepri bahkan ada yang datang dari Jakarta, Bandung dan daerah lainya di Indonesia,” ungkapnya.

Ia menyebutkan diperkirakan nantinya, pada puncak Hoyak Tabuik di pantai nanti akan hadir 150 ribu pengunjung dan wisatawan, selain tamu undangan yang kita undang khusus dating di Tabuik Piaman 2023 ini.

“Selain menyaksikan prosesi tabuik naik pangkek, mereka yang datang menjadikan latar tabuik sebagi objek pemotretan, baik oleh fotografer, penunjung dan wisatawan maupun masyarakat yang ada disini,” tutupnya.

Wako Genius Umar beserta Sekda dan beberapa tamu serta Kepala OPD, turut memainkan gandang tambua dan tasa untuk lebih memeriahkan dan membuat semangat para pengunjung yang datang.

(MC Kota Pariaman/Junaidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.