Puskesmas Lapai Targetkan Capai 90 persen Sasaran Imunisasi Polio

Padang, RuangNews.id – Puskesmas Lapai Kecamatan Nanggalo Padang, menargetkan minimal 90 persen dari target sasaran imunisasi polio di wilayahnya dapat segera direalisasikan.

“Dari target 1.348 orang sasaran imunisasi, hingga hari ini capaian imunisasi Polio di wilayah kerja Puskesmas Lapai baru mencapai angka 35,5 persen,” kata Kepala Puskesmas Lapai dr Mela Aryati saat diwawancara, Rabu (15/03/2023).

Untuk mengejar target capaian tersebut, kata Mela, pihaknya terus melakukan sweeping sasaran, dengan melakukan kegiatan dari rumah ke rumah (door to door), guna memastikan anak-anak di wilayahnya mendapatkan imunisasi Polio.

Upaya ini lanjut Mela, memiliki tantangan dan keseruan tersendiri, selain mendapat penolakan dari beberapa warga, tim yang akan melakukan imunisasi juga harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan berjalan kaki.

“Kadang kita harus mendaki perbukitan, melewati semak-semak, gadang dikejar anjing ataupun kera liar yang kita temui di sepanjang jalan,” celoteh Mela.

Namun semua itu, kata Mela tidak menyurutkan semangat tenaga kesehatan dari Puskesmas Lapai, imunisasi ini sangat penting guna menghindari anak dari ancaman penyakit yang menyebabkan kelumpuhan tersebut.

Mela mengatakan, seiring dengan ditemukannya kasus Polio di Pidie Provinsi NAD, pihak Dinas Kesehatan Kota Padang telah mengambil langkah dini agar Polio tidak sampai ke Kota Padang.

“Langkah yang diambil yakni melaksanakan Crash Program Polio, jadi semua anak usia 0-59 bulan diberikan haknya untuk mendapatkan suntik dan tetes Polio, untuk memayungi anak-anak kita dari penyakit Polio atau lumpuh layu,” papar Mela.

Selain melakukan Sweeping Polio, pihak Puskesmas Lapai juga gencar melakukan sosialisasi dan edukasi ke rumah-rumah, dengan melibatkan RT/RW, Babinsa, Babinkamtibmas, kader PKK serta para tokoh masyarakat. (MC Padang/RA,infopublik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.