Ketum Sepakad Imbau Perusahaan Patuhi Permenaker Nomor 2 Tahun 1992

Lampung Selatan, RuangNews.id – Setiap tahunnya ditanggal 12 Januari sampai 12 Februari Indonesia memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia secara Nasional.

Pemerintah telah mengatur tata cara terkait keselamatan dan kesehatan kerja melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No.2 Tahun 1992 yang mengatur Tentang tata cara pertunjukan, kewajiban dan wewenang ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja(K3).

Disebutkan bahwa perusahaan yang memiliki lebih dari 100 orang tenaga kerja atau memiliki resiko pekerjaan yang tinggi, wajib mempunyai minimal satu orang ahli K3 umum serta P2K3.

Namun masih banyaknya perusahaan khususnya di Lampung Selatan yang tidak mematuhi Permenaker No.2 Tahun 1992, yang akhirnya sering mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja.

Menanggapi hal tersebut Heri Purwanto yang merupakan ketua umum Serikat Pekerja Alih Daya (SEPAKAD) PLTU Tarahan meminta pihak terkait untuk segera melakukan tindakan tegas, terhadap perusahaan yang masih mengabaikan Permenaker No,2 Tahun 1992.

Heri juga sangat berharap dengan dilaksanakannya peraturan pemerintah tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan kerja.

” Harapan saya dengan perusahaan mematuhi aturan maka dapat mengurangi angka kecelakaan kerja,”pungkas Heri pada RuangNews.id, Minggu 29 Januari 2023.

Ketua umum Serikat Pekerja Alih Daya (SEPAKAD) PLTU Tarahan tersebut juga meminta dinas terkait, khususnya Dinas Tenaga Kerja untuk melakukan monitoring ke perusahaan-perusahaan.(HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.