Potret Sarhani Warga Kubu Garam Alami Sakit Dua Puluh Tahun

Lampung Selatan, 14 Agustus 2022 RuangNews.id Seorang pemuda bernama Sarhani (25) warga Dusun Kubu Garam Desa Tarahan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan, mengalami sakit kaki yang belum terkonfirmasi nama penyakitnya, sebab sudah kurang lebih dua puluh tahun belum pernah di diperiksakan ke dokter dikarenakan tidak ada biaya.

Kondisi Sarhani sangat memperihatinkan sebab selain menanggung penyakit yang dideritanya kondisi tempat tinggalnya pun tidak layak huni.

Dalam kesehariannya Sarhani hanya berkerja mencari rumput laut , bahkan dengan kondisi sakit di kakinya, dirinya berjuang menjadi tulang punggung keluarga, guna menghidupi kedua keponakannya, yang laki-laki berusia sepuluh tahun, sementara keponakannya yang perempuan berumur dua puluh tahun yang juga penyandang disabilitas.

Pada RuangNews.id Sarhani mengatakan, bahwa Ia menderita penyakit kaki sejak umur lima tahun dan belum pernah diperiksakan ke dokter karena keterbatasan biaya sehingga tidak diketahui penyebab penyakitnya.

“Sudah lama saya mengalami penyakit ini mau berobat tidak punya uang, disisi lain saya harus memaksakan berkerja untuk menghidupi ibu dan keponakan saya yang sudah tidak memiliki kedua orang tua, dan bantuan juga tidak pernah dapet dari pemerintah, jangankan buat berobat buat makan sehari hari aja susah”, ujar sarhani jum’at (12/08/22).

Sarhani menerangkan, penyakit di kedua kakinya membuat Dirinya susah untuk berjalan, sampai sampai untuk buang air besar saja, Dia tidak bisa jongkok dan harus berdiri dan sudah dua puluh tahun dengan kondisi seperti ini dialaminya, namun, dia tetap terus berjuang setiap hari pergi kelaut untuk mencari rumput laut demi menafkahi keluarganya.

Sedangkan, Suhamah (60) sebagai orang tua dari sarhani menuturkan,” mengenai bantuan dari pemerintah bahwa dahulu pernah mendapatkan bantuan PKH, namun kini sudah tidak dapat bantuan lagi, baik PKH maupun BPNT, ” tuturnya.

Di tempat terpisah, kadus setempat Haeroni menjelaskan, “memang benar suharni sakit sudah lama sedangkan mengenai bantuan dahulu pernah dapat tapi sekarang sudah tidak lagi,entah kenapa sebabnya,” kata Haeroni.

As/sukma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.