Menkominfo akan Pantau Persiapan Peluncuran Satelit Satria-1 di AS

Labuan Bajo, RuangNews.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, menyaksikan peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria)-1 pada minggu depan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

“Minggu depan saya ke Amerika Serikat untuk melihat persiapan peluncuran satelit pertama kita (SATRIA-1),” ujar Menkominfo usai membuka Pertemuan Ketiga Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 atau 3rd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting G20 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat , Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Rabu (20/7/2022).

Menurut Menkominfo Johnny, satelit intu memiliki kapasitas 150 gigabyte per second (Gbps) dengan kemampuan tiga kali lebih besar dari total sembilan satelit yang digunakan Indonesia saat ini.

Satelit itu dengan teknologi Very High Throughput Satellite (VHTS) yang rencananya akan diluncurkan pada kuartal pertama 2023 mendatang.

“Di kuartal kedua akan dibahas juga sekitar Juli atau Agustus (2023) ya, dengan satelit kedua kita,” imbuhnya.

Sekedar informasi, saat ini Indonesia memiliki sembilan satelit komersial yang kini beroperasi, yang terdiri atas lima satelit nasional dan empat satelit asing, dengan total kapasitas transmisi sebesar 50 Gbps.

Satelit Satria-1 itu memiliki dimensi setinggi 6,5 meter dan usia operasionalnya sekitar 15 tahun.

Perakitan satelit Satria-1 dilakukan atas kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Thales Alenia Space, perusahaan manufaktur satelit yang berbasis di Perancis.

Sedangkan untuk produksi roketnya sebagai peluncur satelit berada di Amerika Serikat. Pemerintah Space Exploration Technologies Corporation atau SPACEX – perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk.

Proyek Satelit SATRIA-1 dibangun melalui skema perjanjian kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBBU. Proyek ini membutuhkan investasi senilai US$545 juta.

Foto: Ryandhi BN/InfoPublik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.