Mendes PDTT Instruksikan Jajaran Pakai Produk Lokal Desa

Jakarta, RuangNews.id  Kementerian Desa, Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menginisiasi dan memulai Gerakan Memakai Produk Lokal Desa, untuk mengoptimalkan penggunaan produk unggulan desa pada setiap kegiatan kementerian.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, mengatakan, Gerakan Memakai Produk Lokal Desa merupakan upaya membangkitkan produk lokal desa agar dapat menjadi penggerak utama dalam perputaran roda perekonomian perdesaan di Indonesia.

“Optimalkan pemanfaatan produk kita sendiri sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional. Olehnya, saya juga sudah menginstruksikan kepada Sekjen beserta seluruh jajaran agar semua yang dimanfaatkan di Kementerian Desa harus produk kita sendiri,” kata Mendes PDTT dalam keterangannya di laman resmi kemendesa.go.id terkait Apel Gabungan di Lapangan Parkir pada Senin (6/6/2022).

Apel itu dipimpin langsung Mendes PDTT, yang turut dihadiri Wakil Mendes PDTTT Budi Arie Setiadi, Sekjen Taufik Madjid, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama serta seluruh pegawai di lingkungan Kemendes PDTT.

Gerakan Memakai Produk Lokal Desa dinilai sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengoptimalkan pemanfaatan produk-produk dalam negeri belum lama ini.

Arahan memakai produk lokal, tidak hanya disampaikan Presiden ke jajaran Menteri Kabinet Indonesia Hebat dan para pimpinan lembaga, tapi juga pada jajaran Pemerintah Daerah (BUMN), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga perusahaan swasta nasional.

“Salah satu bentuk instruksinya adalah agar dana-dana dalam APBN dan APBD digunakan semaksimal mungkin untuk pengadaan dan pembelian produk-produk dalam negeri,” tuturnya.

Menurut Menteri Abdul Halim, memanfaatkan produk-produk desa yang di produksi Badan Usaha Milik (BUM) Desa adalah langkah penting dalam menggerakkan roda ekonomi desa.

Keberadaan BUM Desa diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Desa, menciptakan peluang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi penggunaan produk impor dalam belanja kementerian dan lembaga.

“Ternyata benar, meski tanpa disadari jika kita banyak mengunakan produk impor. Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada kita semua untuk upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional maka kita semaksimal mungkin menggunakan produk milik kita sendiri,” katanya.

sumber: infopublik.id

Foto: Angga/Humas Kemendes PDTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.